showpageArea a { text-decoration:underline; } Fandy Fendo: PASAR UANG

Minggu, 23 Desember 2012

PASAR UANG

Share on :

Pengertian
Dalam system keuangan, pasar uang (money market) merupakan bagian dari financial market disamping pasar modal (capital market). Pasar uang adalah suatu kelompok pasar diman ainstrumen kredit jangka pendek yang umumnya berkualitas tinggi diperjual belikan.
Pasar uang berbeda dengan pasar modal dalam hal tempat pelaksanaan transaksi. Pasar uang tidak memiliki sarana transaksi tertentu tetapi hanya menggunakan sarana telekomunikasi, sedangkan pasar modal memiliki sarana transaksi tertentu yang disebut bursa efek.
Meskipun, pasar uang berbeda dengan pasar modal dalam tempat pelaksanaan transaksi, tetapi tetap mempunyai persamaan, yaitu kedua pasar tersebut merupakan sarana bagi investor dalam melakukan investasi, disamping sebagai sarana mobillisasi dana bagi yang membutuhkan dana
Tujuan pasar uang
Seperti halnya pasar modal, dalam pasar uang terdapat dua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.masing-masing pihak saling berkepentingan satu sakma lainnya dan mempunyai tujuan masimg-masing pula.
Bagi pihak yang memerlukan dana dan mencari dana di pasar uang terdapat beberapa tujuan dalam menghimpun dana antara lain sebagai berikut:
a.    Untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek, seperti membayar utang yang segera jatuh tempo.
b.    Untuk memenuhi kebutuhan likuiditas, karena kekurangan uang kas.
c.    Untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, yaitu membayar biaya-biaya, upah karyawan, gaji, pembelian bahan, dan kebutuhan modal kerja lainnya
Sedangkan bagi pihak yang bermaksud melakukan onvestasi di pasar uang mempunyai beberapa tujuan antara lain sebagai berikut :
a.    Untuk memperoleh penghasilan dengan tingkat suku bunga tertentu
b.    Untuk membantu pihak-pihak yang benar-benar mengalami kesulitan dana.
c.    Untuk spekulasi, dengan harapan akan memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang relative singkat dan dalam kondisi ekonomi tertentu.
Instrument pasar uang
Pemilihan dana oleh investor dalam pasar uang tertentu dengan berbagai pertimbangan. Investor dapat memilih salah satu dari sekuan banyak dari surat-surat berharga yang ditawarkan sesuai dengan tujuan masing-masing. Surat-surat berharga yang ditawarkan di pasar uang disebut instrumen pasar uang.
Adapun jenis-jenis instrumen pasar uang yang ditawarkan antara lain sebagai berikut :
a.    Interbank Call Money
Interbank Call Money adalah pinjaman antar bank yang terjadi dalam proses kliring yang diselenggarakan oleh bank indonesia setiap hari kerja dan selalu saja ada yang kalah dan ada yang menang. Bagi bank yang kalah kliring apabila tidak dapat menutupi kekalahannya maka akan terkena sangsi dari bank Indonesia. Oleh karena itu agar tidak terkena sangsi akibat kekurangan likuiditas maka bank tersebut dapat meminjam uang dari bank lain yang disebut interbank call money atau call money.
b.    Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat berharga yang diterbutkan oleh bank sentral (bank Indonesia ). Penerbitan SBI dilakukan atas unjuk dengan nominal tertentu dan biasanya dikaitkan dengan kebijaksanaan pemerintah terhadap operasi pasar terbuka (open market operation) dalam masalah penanggulangan jumlah uang yang beredar.

c.    Sertifikat Deposito
Sertifikat Deposito adalah alternatif utama bagi perbankan untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya. Sertifikat deposito ini diterbitkan atas unjuk dengan nilai nominal tertentu. Jangka waktunya berfariasi sesuai dengan keinginan bank. Pencairan sertifikat deposito dapat dilakukan setelah jatu tempo, namun apabila investor memerlukan dana, maka dapat pula sertifikat deposito ini diperjual belikan apakah kepada lembaga atau kepada pihak umum.

d.   Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) adalah surat berharga yang diperkenalkan oleh bank Indonesia pada tahun 1985 sebagai salah satu alat untuk melakukan operasi pasar terbuka dalam rangka ikut menstabilkan nilai rupiah. Bank atau lembaga keuangan yang ingin memperoleh dana jangka pendek dapat menerbitkan SBPU ini kemudian di perjual belikan kepada bank Indonesia atau pihak-pihak lainya.

e.    Banker’s Acceptance
Banker’s Acceptanceadalah wesel bank yang diberikan cap dengan kata-kata accepteddan dapat diperjual belikan di pasar uang sebagai salah satu sumber dana jangka pendek. Jangka waktu pwnarikan wesel berkisar antara 30 sampai 180 hari. Wesel yang diberi cap accepted inilah yang disebut dengan banker’s acceptance.

f.     Commercial Paper
Commercial Paper adalah kertas berharga yang dapat diperdagangkan di pasar uang  dengan jangka waktu yang tidak lebih dari 1 tahun. Yang termasuk kedalam jenis commercial paper adalah promes yang diterbitkan oleh perusahaan lembaga keuangan, termasuk bank.
g.    Treasury Bills
Treasury Bills adalah instumen pasar uang yang diterbitkan oleh bank sentral fengan jangka waktu paling lama 1 tahun. Penerbitan Treasury Bills ini diterbitkan di luar negeri sedangkan di Indonesia dapat disamakan dengan SBI yang diterbitkan oleh bank Indonesia.

h.    Repurchase Agreement
Repurchase Agreement adalah bentuk surat berharga yang diperjual belikan dengan suatu perjanjian tertulis bahwa si penjual akan membeli kembali surat-surat berharga tersebut. Pembelian kembali surat-surat berharga tersebut disertai dengan perjanjian yang berupa sertifikat deposito,SBI, SBPU, serta Treasury Bills.

i.      Foreign Exchange Market

2 komentar:

  1. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus

  2. Halo
    Mr Nathan Asher kembali ke sini dan memberikan pinjaman peluang seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan konsolidasi atau pinjaman hipotek?
    Kami di sini untuk memberikan semua kesulitan keuangan Anda, kami meminjam dana kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit macet atau membutuhkan uang untuk melunasi utang, dan berinvestasi dalam bisnis dengan suku bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya, kembalilah sekarang melalui

    Kirimi kami email sekarang melalui; (perfectloanfirms@gmail.com) untuk mendaftar.

    BalasHapus